Pages

Senin, 20 Maret 2017

Makalah Penelitian



Hasil gambar untuk makalah penelitian kartun
Pendahuluan
BAB I
 

1.1. Sistem : kumpulan objek yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan logis dalam suatu lingkungan yang kompleks objek yang menjadi komponen dari sistem dapat berupa objek terkecil dan biasanya berupa subsistem atau sistem yang lebih kecil lagi. Dalam definisi ini disertakan elemen lingkungan karena lingkungan sistem memberikan peranan yang sangat penting terhadap perilaku sistem itu. Bagaimana komponen – komponen sistem itu berinteraksi , hal itu adalah dalam langkah mengantisipasi lingkungan mengamati sistem bukan hanya mengidenfikasi komponen – komponen pendukung sistem tetapi lebih dari itu harus pula mengetahui prilaku dan variable – variable yang ada di dalamnya. Paling tidak analisis terhadap sistem harus dapat membuat konsepsi tentang sistem itu.
Ada beberapa cara untuk dapat merancang , menganalisa dan mengoprasikan suatu sistem salah satunya adalah dengan melakukan permodelan , membuat model dari sistem tersebut. Model adalah yang sangat berguna untuk menganalisa maupun merancang sistem.
1.2. Permodelan : proses pembentukan simulasi dari sistem dengan menggunakan bahasa formal tertentu. Model dibuat karena ada permasalahan pada sistem nyata. Model dibuat oleh pemodel menggunakan sudut pandang tertentu. Setelah tercipta model maka dilakukan pengujian.
1.3. Simulasi : suatu teknik meniru operasi – operasi atau proses – proses terjadi dalam suatu sistem dengan bantuan perangkat komputer dan dilandasi beberapa asumsi tertentu sehingga sistem tersebut bisa dipelajari secara ilmiah ( Law and Kelton, 1991).
Dalam simulasi digunakan komputer untuk mempelajari sistem secara numerik, pengumpulan data untuk melakukan estimasi statistik untuk mendapatkan karakteristik asli dari sistem.
Simulasi merupakan alat yang tepat untuk digunakan terutama jika diharuskan untuk melakukan eksperimen dalam rangka mencari komentar terbaik dari komponen – komponen sistem. Hal ini dikarenakan sangat mahal dan memerlukan waktu yang lama jika eksperimen dicoba segera rill, dengan melakukan studi simulasi maka dalam waktu singkat dapat ditentukan keputusan yang tepat serta dengan biaya tidak terlalu besar karena semuanya cukup dilakukan dengan kompuer.

1.4. Jenis Model
• Eksperimen dengan sistem aktual vs eksperimen dengan model sisitem
Jika suatu sistem secara fisik memungkinkan dan tidak memakan biaya yang bear untuk dioperasikan sesuai dengan kondisi (secenario) yang kita ingkinkan makan cara ini merupakan cara yang terbaik karena hasil dari eksperimen ini benera – benar sesuai dengan sistem untuk dikaji. Namun sistem seperti itu jarang sekali ada dan penghentian operasi sistem untuk keperluan eksperimen akan memakan biaya yang sangat beasar. Selain itu untuk sistem yang belum ada atau sistem yang masih dalam rancangan maka eksperimen dengan sistem aktual jelas tidak bisa dilakukan sehingga satu-satunya cara adalah dengan menggunakan model sebagai representasi dari aktual.
• Model fisik vs Model matematis
Model fisik mengambil dari sebaian fisik dari hal – hal yang diwakilkannya. Sehingga menyerupai sistem yang sebenarnya namun dalam sakala yang berbeda. Walupun jarang dipakai, model ini cukup berguna dalam rekayasa sistem. Dalam penelitian, model matematis lebih sering dipakai jika dibandingkan dengan model fisik. Pada model matematis sistem drepresentasikan sebagai hubungan logika dan hubungan kuantitatif untuk kemudian dimanipulasi supaya dapat dilihat bagaimana sistem beraksi.
• Solusi Analistis vs Simulasi
Setelah model matematis berhasil dirumuskan, model tersebut dipelajari kembali apakah model yang telah dikembangkan dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan mempelajari sistem. Jika model yang dibentuk cukup sederhana, maka relasi – relasi matematisnya dapat digunakan untuk mencari solusi analitis. Jika solusi analistis bisa diperoleh dengan cukup mudah dan efisien, maka sebaiknya digunakan solusi analistis karena metode ini mampu memberikan solusi yang optimal terhadap masalah yang di hadapi. Tetapi seringkali model terlalu kompleks sehingga sangat sulit untuk diselesaikan dengan metoda – metoda analistis, maka model tersebut dapat mempeajari dengan simulasi. Simulasi tidak menjamin memberikan hasil yang optimal melainkan dijamin bahwa hasilnya mendekati optimal.
1.5. Alasan Menggunakan Model
1.6. Alasan Menggunakan Simulasi
1.7. Keuntungan, kerugian kesulitan menggunakan simulasi
Proses Pengerjaan Simulasi
1. Menggunakan bahasa fortran
2. Menggunakan bahasa simulasi khusus misalnya GPSS, SLAM , SIMAN , GASP, dan SIMULA
3. High Level Simulator : bahasa simulasi yang menyediakan menu – menu dialog user interface
4. Arena : kombinasi high level simulation dengan visual basic
Kelebihan model simulasi
1. Tidak semua sistem dapat di repsentasikan dalam model matematis, simulasi merupakan alternatif tepat.
2. Dapat bereksperimen tanpada adanya resiko pada sistem nyata
3. Simulasi dapat mengestimasi kinerja sistem pada kondisi tertentu dan dapat memeberikan alternatif desain
4. Dapat menggunakan input data alternatif
Kekurangan model simulasi
1. Menurut waktu
• Simulasi statis : output tidak dipengaruhi waktu
• Simulasi dinamis : output di pengaruhi oleh waktu
Contoh : model populasi , laju penjualan
2. Menurut perubahan status
• Simulasi kontinyu : variable berubah secara kontinyu. Mis : model cairan lajunya berubah setiap saat
• Simulasi diskrit : variable berubah pada saat – saat tertentu. Mis : model inventori yang materialnya diambil dan datang pada waktu tertentu
3. Menurut derajad ketidak pastianya
• Simulasi deterministik : output bisa ditentukan secara pasti
Contoh : model matematis
• Simulasi Stokastik : output tidak bisa di tentukan secara pasti.

1.8 Jenis – jenis Simulasi
1. Beberapa contoh simulasi komputer
Berikut berikan beberapa contoh simulasi komputer waktu nyata (real – time) anatara lain :
Simulasi terbang (high Simulation) simulasi sistem ekonomi makro, sumulasi sistem perbangkan, simulasi permainan game ( game)
1.1. Simulasi Terbang ( flight simulation) peralatan simulasi secara umum terdiri dari bagian bagian berikut : sistem komputer (computer sistem). Sistem gambar(visual system), sistem penampilan (display system), sistem gerak (motion system), sistem suara (sound sistem) sistem rasa ( feel sistem) Sistem antar muka (interface sistem).
1.2. Simulasi sistem ekonomi makro
Sistem ekonomi suatu negara dapat disimulasikan sebagai model persamaan linear variable keadaan waktu diskret : x(k + l) – Ax(k) + Bu(k) dan y(k) – Cx(k) + Du(k). Dimana variable keadaan (state variable) x(k) pada tahun ke k adalah : belanja konsumtif dan investasi bisnis swasta. Masukan (input) u(k) adalah : pajak dan belanja negara, sedangkan keluaran (output) y(k) adalah : pendapatan nasional.
Perkembangan Teknologi Informasi : simulasi Komputer 3
1.3. Simulasi sistem perbankan
Simulasi sistem perbankan merupakan simulasi antrian layanan. Miasalnya model antrian ATM Bank *): M/M/1. Probabilitasi nasabah ke n datang ke ATM Bank Pn adalah Pn = (1) n, dimana n =0,1,2 jumlah nasabah dalam ATM bank Ls adalah Ls ==(1 ). Jumlah nasabah yang antri dalam ATM Bank Lq adalah Lq = Ls =2=(1 ). Waktu tunggu layanan nasabah Wq adalah Wq = = (1=) jumlah nasabah yang datang perjam adalah . jumlah nasabah yang dilayani perjam adalah. Rasio nasabah yang datang dan dilayani adalah = = . Proses kedatangan dan layanan nasabah trdistribusi ekspnensial. Jumlah pelayan (ATM) satu.

1.4. Simulasi Permainan (game) strategi pemasaran
Misalkan permainan berjumlah nol dari dua pemain ( two players zero sum games) yang bersaing dalam memasarkan mobil matrik pay 0 (hasil riset biro iklan) adalah seperti Tabel 1. Matrik pay 0 persaingan pasar pemain 1 (mobilA) dan pemain 11 (mobil B). Media iklan surat kabar (mobil B) radio (mobil B) televisi (mobil B) suratkabar (mobil A ) -60 35 30
Radio (mobil A ) -20 0 15 televisi (mobil A) 50 80 20
Penyelesaian dapat dilakukan dengan : metode aljabar, metode gerak, metode program linear. Hasil simulasi strategi campuran optimum mobil A adalah X=* (1/4,0,3.4).
Strategi campuran optimum mobil B adalah Y* = (1/12,0,11/12). Nilai permainan v*=22,5 (mobil A akan bertambah pembeli 23 orang dari mobil B).
1.5. Permainan game (game) Komputer
Permainan (game) komputer merupakan salah satu jenis simulasi kompueter. Beberapa tipe game komputer antara lain: permainan strategic (strategic game) , Permainan keterampilan tangan dan mata, permainan tantangan ( adventure game).


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.


B. Bagian-Bagian Komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
• Perangkat Keras
• Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
• Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
• Hard drive, media penyimpanan semi permanen
• Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
• Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
• Perangkat Lunak
1. Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardwarekomputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
2. Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.
C. Sejarah Perkembangan Komputer
Perkembangan teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran “big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.


• Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1944-1959)
Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Saat ini merupakan zamannya komputer-komputer raksasa, seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I.
Karakteristik komputer pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur, mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih.
Jadi, orang awam tidak akan dapat menggunakannya sehingga komputer jenis ini belum dikomersialisasikan ke khalayak ramai. Hanya perusahaan-perusahaan besar, institusi pendidikan dan instansi pemerintah yang menggunakannya.
Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.
Ciri-ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :
1. Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube)
2. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
3. programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
Komputer generasi pertama memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
1) Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
2) Banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
3) Prosesnya relatif lambat
4) Memerlukan Kapasitas untuk menyimpan data kecil.

Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.
Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL• Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC.
• Perkembangan Komputer Generasi Kedua
Zaman ini dimulai dengan pemakaian transistor dan dioda sebagai pengganti dari tube vakum sehingga sizenya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya.
Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.
Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-1964 dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.
Ciri ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :
1) Komponen elektronikanya dari Transistor
2) Program dibuat dengan Assembly Language, Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
Sifat-sifatnya:
1) Ukurannya relatif kecil
2) Tidak banyak mengeluarkan panas
3) Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk
4) Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara bersama-sama)
5) Proses relatif lebih cepat
6) Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
Contoh: komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.
Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR. Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5.
Walaupun komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak komponen komponen yang ada pada komputer.
Pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industri piranti lunak atau softwere.
• Perkembangan Komputer Generasi Ketiga
Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer.
Teknologi ini tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer.
Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya.
Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh komputer pada generasi ini.
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an.
Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan
sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
1. Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
2. Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
3. Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
4. Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
Sifat-sifatnya:
1. Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
2. Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
3. Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
4. Prosesnya sangat cepat
5. Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
Contoh: komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.
Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR. Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.
• Perkembangan Komputer Generasi Keempat
Seiring dengan lajunya waktu perkembangan komputer sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat terutama pada generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan ukurannya yang semakin kecil dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih besar. Harganya pun semakin murah disebabkan oleh karena komponen-komponennya telah diproduksi dan dijual secara massal.
Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan spreadsheet.Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam.Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave.
Melihat perkembangan dunia komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal hingga sekarang ini dapat kita prediksikan bagaimana karakteristik komputer pada generasi mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya tidak harus terus didikte oleh manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Boleh dikata kemampuannya sudah menyerupai kepandaian manusia. Kemampuan seperti itu (Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence) kini aktif diteliti oleh negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.
Contohnya: PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core to Duo, Quad Core, Core i3, i5, i7, Ivy bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD K6, Athlon dsb. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.
• Perkembangan Komputer Generasi Kelima (Sekarang)
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu,kemampuan
dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.
Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processornya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu.


BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasanya, komputer memiliki beberapa fase sebelum mencapai bentuk yang canggih seperti sekarang. Yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan kantor dan semacamnya dengan aplikasi dan program yang ada didalamnya.

B. Saran
Dengan terus menggeliatnya perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi, alangkah baiknya jika dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif sekaligus berkarakter religius, sehingga mampu untuk menggunakan teknologi dengan mindset yang kritis terhadap kemajuan iptek, dan bersumbagsi untuk orang-orang disekitar.



0 komentar:

Posting Komentar